Wawasan & Artikel

Mengenal Istilah Infaq Dalam Islam dan Macam-macamnya

pengertian infaq

Sebagai seorang muslim kita pasti setidaknya mengenal apa itu infaq. Baik di umum maupun di pesantren, infaq diajarkan sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. karena pengertian infaq ini merupakan suatu perintah allah dalam menjaga setiap harta yang kita miliki dan bentuk syukur atas apa yang di berikan oleh Allah.

Apa Itu Infaq ?

pengertian infaq

Kata Infaq merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab anfaqa-yunfiqu yang artinya membelanjakan atau membiayai. Kata infaq dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti pemberian atau sumbangan harta dan sebagainya untuk suatu kebaikan. Secara khusus infaq ketika dihubungkan dengan upaya realisasi perintah-perintah Allah. Salah satu ayat yang memerintahkan untuk berinfaq ialah dalam QS. AlBaqarah: 267

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَنفِقُوا۟ مِن طَيِّبَٰتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّآ أَخْرَجْنَا لَكُم مِّنَ ٱلْأَرْضِ ۖ وَلَا تَيَمَّمُوا۟ ٱلْخَبِيثَ مِنْهُ تُنفِقُونَ وَلَسْتُم بِـَٔاخِذِيهِ إِلَّآ أَن تُغْمِضُوا۟ فِيهِ ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ غَنِىٌّ حَمِيدٌ

Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untukmu. Janganlah kamu memilih yang buruk untuk kamu keluarkan, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata (enggan) terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Mahakaya, Maha Terpuji”

Pengertian Infaq Secara Terminologi

pengertian infaq

Secara Terminologi pengertian infaq memiliki beberapa batasan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Infaq adalah mengeluarkan sebagian harta atau pendapatan atau juga penghasilan untuk sesuatu kepentingan yang diperintahkan oleh ajaran islam.
  2. Infaq berarti mengeluarkan sebagian harta untuk kepentingan kemanusiaan sesuai ajaran Islam.
  3. Infaq adalah pengeluaran sukarela yang dilakukan oleh setiap orang ketika mendapatkan rezeki, dengan jumlah sebanyak yang mereka kehendaki.

maka jika kita melihat batasan diatas subtansi infaq terletak dari pada materi atau harta benda.

Didalam Alquran surat (QS. Al-Baqarah : 270) dan ( QS. Al-Taubah : 121) dikatakan bahwa infaq disebut sebagai nafkah. dalam artian infaq merupakan suatu perbuatan mendermakan atau memberikan sebuah materil yaitu sebagian harta benda dijalan Allah SWT kepada yang berhak menerimanya sesuai dengan keinginan ketika memberikannya. dan semata-mata hanya mengharapkan pembalasan atau pahala dari Allah SWT.

Macam-macam Infaq didalam Islam

macam-macam infaq

Terdapat 4 hukum infaq didalam islam, berikut penjelasan 4 hukum tersebut.

  1. Infaq wajib
    Infaq wajib hukumnya supaya terhindar dari dosa dan mendapatkan pahala. Wajibnya infaq ini didasari oleh perintah allah seperti memberikan nafkah keluarga. adapun kewajiban infaq atas dasar kifarat dan nazar yang harus dibayarkan. Kifarat merupakan denda yang harus ditunaikan atau dibayar oleh seorang hamba karena melanggar aturannya. dengan besaran jumlah infaq tergantung dari pelanggaran yang dilakukan.
  2. Infaq Sunnah
    Dikatakan sunnah karena infaq diberkan kepada orang lain dalam rangka menjalankan perintah Allah. seperti contoh berinfaq untuk jihad, dan juga memberikan harta kepada seseorang yang sedang berjuang dijalan Allah serta memberikan pertolongan untuk yang membutuhkan seperti fakir miskin, anak yatim dan janda. maka dengan membayarkan infaq otomatis kita membantu sesama yang membutuhkan
  3. Infaq Mubah
    infaq memiliki hukum mubah karena berinfaq untuk kepentingan seseorang. contohnya memberikan infaq untuk kepentingan bisnis, dagang dan lainnya yang berpotensi memberikan keuntungan bagi orang yang berinfaq tersebut.
  4. Infaq Haram
    Infaq diakatakan haram karena terdapat unsur riya saat menginfakan hartanya. atau memberikan harta dengan tidak ikhlas serta ingin di puji dan mengharapkan balasan dari orang lain. maka dari itu sifat riya dapat menghilangkan pahala dan mendatangkan dosa bagi seseorang yang memberikan infaq atas dasar tersebut.

Perbedaan Antara Infaq, Zakat dan Sedekah

perbedaan zis

Terkait dengan pengertian Infaq dapat di simpulkan perbedaan antara Zakat, Infaq dan sedekah yang sangat jelas. Zakat secara definisi mengandung arti hak Allah berupa yang diberikan kepada 8 asnaf. disebut zakat karena didalamnya terkandung penyucian jiwa, pengembangannya dengan kebaikan-kebaikan, dan harapan mendapatkan berkah. Zakat mempunyai nisabnya, sedangkan infaq tidak mengenal nisab. adapun sedekah merupakan pemberian seorang muslim secara spontan kepada seseorang dengan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. serta sesuatu pemberian yang bertujuan sebagai kebajikan yang mengharapkan keridhaan Allah SWT saja.

Secara termonoligi syari’at, pengertina dan hukum sedekah sama dengan infaq. akan tetapi, sedekah mencakup arti lebih luas dan menyangkut arti hal-hal non-material. sebagai contoh mengerjakan amal ma’ruf nahi mungkar. sedangkan infaq hanya memberikan materil berbentuk finansial.

Itulah pengertian infaq secara singkat. mudah mudahan dapat memberikan ilmu dan hikmah dari apa yang tertulis dalam artikel ini. semoga menjadi semangat bagi kita untuk menebar kebaikan dan melaksanakan kewajiban kita salah satunya infaq. untuk anda yang ingin melaksanakan kewajiban tersebut anda juga bisa menitipkan infaq anda kepada Yayasan Graha Dhuafa Indonesia. dan jika anda ingin berkonsultasi langsung dengan tim syariat kami anda bisa klik live chat di bawah ya terimakasih.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *